top of page
Search
  • Moreno santos

Diet Sehat Dengan mengkonsumsi Karbohidrat Baik

Updated: Oct 13, 2022


Karbohidrat memainkan peranan yang penting dalam rencana diet sehat. Walaupun demikian, ada jenis karbohidrat yang baik dan juga karbohidrat yang buruk. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat buruk, berat badan Anda akan naik. Karbohidrat yang buruk mencakup tepung putih, nasi putih, alkohol, kentang, dan jagung. Karbhoidrat yang baik mencakup whole sereal, nasi wholegrain, lentils, dan kacang panjang.



Karbohidrat yang baik juga mencakup buah-buahan dan sayur-sayuran. Serat juga memegang peranan penting dalam merencanakan diet sehat dan ditemukan pada karbohidrat baik. Serat membantu sistem pencernaan dan kaya akan vitamin dan mineral. Serat dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Makanan modern saat ini mengandung serat dalam jumlah yang sangat rendah dibandingkan yang seharusnya.


Karbohidrat Jahat


Gula adalah bentuk karbohidrat yang paling buruk. Gula dapat membahayakan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan, penyakit jantung, diabetes, kelelahan, gangguan pencernaan, dan kerusakan gigi. Gula juga tidak memiliki nilai nutrisi yang penting. Tubuh kita tidak membutuhkan gula karena tubuh sendiri dapat memproduksi gula.


Roti yang dibuat dari tepung yang telah direfinasi, atau roti putih, tidak menguntungkan bagi kesehatan. Roti putih hanya memberi energi dan menaikkan berat badan. Makin putih sebuah roti, semakin buruk manfaatnya bagi kita. Roti putih sebaiknya tidak dimasukkan dalam rencana diet sehat. Kentang kehilangan kebanyakan fungsi baiknya ketika dikupas dan dimasak, sehingga kecuali Anda ingin memakannya mentah, kentang tidak baik bagi Anda! Apalagi, kentang yang digoreng dengan lemak/minyak jenuh dapat membuatnya semakin tidak sehat, dan sebaiknya tidak dimasukkan dalam rencana diet sehat. Roti putih serta pasta yang non-wholewheat sudah direfinasi sehingga tidak memiliki nutrisi penting selain kalori.


Karbohidrat Baik


Roti wholewheat mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan roti putih, tidak menggemukkan dan lebih bernutrisi. Nasi wholegrain mengandung elemen nutrisi yang penting bagi kesehatan. Begitu juga dengan pasta wholemeal yang dibuat dari bahan tepung yang tidak direfinasi, merupakan sumber nutrisi yang baik.


Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber vitamin dan serat yang baik. Sebisa mungkin, jangan kupas kulitnya agar memberikan keuntungan bagi sistem pencernaan. Buah dan sayur merupakan bagian tidak terpisahkan dari diet sehat Anda.


Namun biasanya kebanyakan orang sulit mengontrol dan menentukan jenis makanan mana saja yang akan dikonsumsi yang mengandung karbohidrat, Sehingga program dietnya tidak berhasil.


Dikutip dari website pakardiet.co.id yang mengulas tentang Diet Herbalife, Program diet yang benar adalah menggunakan pola 80% nutrisi dan 20% olahraga, Nutrisi yang dikonsumsi bersumber dari Shake Herbalife dan dietnutrisi.id

11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page